Sering Terkena AC Mobil Bisa Bikin Kulit Kering Menurut Otoklix

Percaya atau tidak, terlalu lama berada di dalam mobil ternyata bisa menyebabkan kulit kering. Hal ini lantaran sering terkena hembusan udara AC mobil. Bagi kamu yang melakukan perjalanan ke kantor dengan mobil sendiri, kulit bisa terkena masalah.

Seperti diketahui, udara yang berasal dari AC dapat menyerap kelembaban dalam ruangan. Maka itu, jika terpaksa berlama-lama dalam mobil, kelembaban kulit juga ikut diserap AC. Tak heran kalau membuat permukaan kulit menjadi kering saat berlama-lama di dalam mobil yang ber-AC.

Kulit Kering dapat Menimbulkan Masalah

Kulit jadi kering dapat menimbulkan masalah seperti penuaan dini, kulit terlihat kusam, kasar, sensitive, bahkan bisa menyebabkan kulit mengelupas. Agar terhindar dari masalah kulit kering, disarankan untuk menggunakan skincare yang cocok.

Selain menggunakan skincare, perawatan AC mobil juga harus diperhatikan. Bisa jadi AC mobil jarang dibersihkan dan menyebabkan udara yang berhembus menjadi kotor sehingga berbahaya untuk kesehatan.

Cara Membersihkan AC Mobil

1. Matikan mobil dan parkir di tempat bersih

Cara membersihkan AC mobil yang pertama adalah memastikan kendaraan dalam kondisi mati. Demi keamanan dan keselamatan, mobil harus dalam kondisi mati. Pasalnya, saat membersihkan AC mobil kamu akan membersihkan bagian evaporator AC mobil. 

Seperti diketahui, bagian ini menjadi tempat mengalirnya udara sebelum diubah dari panas menjadi dingin. Setelah dibersihkan, kotoran-kotoran yang lolos dari filter udara akan tersaring dan berkumpul di komponen ini.

Selain itu, pastikan kendaraan di parkir di tempat bersih dan tidak berdebu. Karena pada saat membersihkan evaporator, udara di sekitar harus bersih sehingga tidak masuk bagian evaporator AC mobil.

2. Gunakan cairan pembersih khusus AC Mobil

Cara membersihkan AC mobil selanjutnya dengan menggunakan cairan khusus pembersih AC mobil atau AC cleaner. Saat membersihkan komponen AC mobil, terdapat bagian yang sulit dijangkau seperti kisi-kisi maupun evaporator AC. Untuk membersihkan bagian-bagian ini, ada beberapa komponen yang harus dicopot.

Maka itu, penggunaan cairan AC cleaner bisa dilakukan meski tidak sepenuhnya efektif membersihkan seluruh komponen AC mobil. AC cleaner banyak tersedia di pasaran dengan berbagai merek dan jenis. Disarankan untuk memilih AC cleaner berbentuk semprot yang memiliki kandungan busa atau foam.

3. Bersihkan kisi-kisi dan filter AC mobil

Setelah memastikan dua langkah di atas, selanjutnya cara membersihkan AC mobil bisa memulai dengan membersihkan kotoran pada kisi-kisi AC mobil yang ada di kabin. Kamu bisa menyemprotkan bagian kisi-kisi dengan cairan AC cleaner agar kotoran di sela-selanya bisa rontok.

Setelah itu, bersihkan bagian filter AC mobil yang ada di bawah dashboard sebelah kiri atau di balik laci mobil. Setelahnya, buka bagian atas filter AC mobil lalu keluarkan filternya. Semprot filter AC mobil dengan AC cleaner dan sikat bagian permukaannya.

Kalau filter AC sudah terasa sangat kotor, lebih baik diganti dengan yang baru. Harga filter AC mobil cukup terjangkau yakni tersedia mulai dari Rp50 ribu.

4. Bersihkan evaporator AC mobil

Setelah membersihkan bagian kisi-kisi dan filter Ac mobil, cara membersihkan mobil selanjutnya adalah membersihkan bagian evaporator AC mobil. Evaporator ini merupakan bagian akhir sistem pendingin sebelum udara segar keluar di ruang kabin mobil.

Bagian ini harus rutin dibersihkan karena kotoran juga menempel di komponen tersebut jika tidak tersaring dengan baik di bagian filter AC mobil. Cara membersihkan komponen ini yang paling mudah yakni dengan melepaskannya lebih dulu.

Selain itu, membersihkan evaporator AC mobil bisa dilakukan dengan menyemprotkan cairan AC Cleaner ke permukaan yang kotor dan menyekanya dengan brush atau sikat gigi di sela-selanya agar kotorannya terlepas.

Jika AC Mobil Jarang Dibersihkan

Membersihkan AC mobil secara berkala berfungsi untuk mengoptimalkan kinerjanya pendingin suhu dan mengalirkan udara bersih. Jika AC mobil jarang dibersihkan, kotoran akan berkumpul di bagian evaporator AC mobil dan membuat udara yang dihembuskan menjadi kotor.

Tips Mencegah AC Mobil Cepat Kotor

Selain membersihkannya secara rutin, untuk memastikan AC mobil bekerja optimal adalah dengan mencegahnya cepat kotor. Beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Menjaga kebersihan kabin mobil agar tidak kotor dan berdebu
  2. Hindari membuka kaca mobil saat sedang berkendara agar udara luar mobil tidak masuk
  3. Tidak merokok dalam mobil yang membuat udara kabin mobil tercemar asap rokok
  4. Rajin membersihkan filter AC mobil bisa mengurangi AC mobil khususnya evaporator AC mobil cepat kotor
  5. Lakukan servis secara berkala

Demikian, cara membersihkan AC mobil dengan mudah yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Perlu diingat, membersihkan AC mobil ini bisa mencegah kerusakan AC mobil atau AC mobil tidak dingin.

Namun, jika kamu mengalami keluhan tersebut dan sudah melakukan langkah pembersihan di atas, tetapi tidak kunjung teratasi, sebaiknya kamu melakukan servis AC di bengkel AC mobil terdekat. Untuk menemukan bengkel terdekat dan terpercaya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Otoklix yang akan memudahkan kamu mencari pilihan bengkel dari 2.000+ bengkel mitra di Jabodetabek.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*